Chibi Captain America

Jumat, 31 Agustus 2018

KULIAH SAMBIL MONDOK DI PONPES WAHID HASYIM



Asyiknya Mondok sambil Kuliah

Besok adalah hari sabtu, artinya ini adalah jumat malam, seharusnya malam ini ada kegiatan tapi karena pondok masih libur mari kita isi dengan menulis. Aku tiba-tiba keingetan tahun ini merupakan tahun ajaran baru bagi para mahasiswa baru, waaaah selamat bergabung di dunia mahasiswa ya kalian, semoga selalu sehat. 

Buat kalian adek-adek yang sudah dapat kursi di kampus idaman kalian khusus nya di Yogyakarta, sudahkah kalian mempersiapkan semuanya selain lemari dan kasur dong nya, sebelum punya kasur dan lemari kudu punya dulu tempat buat nyimpen tuh perlengkapan, nah disini aku mau sedikit berbagi pengalaman, aku mahasiswa hampir semester akhir di salah satu perguruan tinggi swasta di jogja, tentu saja aku sudah cukup lama hidup di perantauan nan jauh ini, jadi di jogja ini selain kuliah aku juga mondok di pondok pesantren Wahid Hasyim yang alamat nya di Jalan Wahid Hasyim No. 3, Gaten, Condongcatur, Depok, Dabag, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283. 

Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Jadi di weha (biasa kami menyebut) ini punya asrama khusus mahasiswa nya buat putra dan putri, asramanya juga tidak cuma satu melainkan banyak banget dan tersebar di sekitaran gedung pusat Weha, pokoknya kalo kita berangkat mengaji rame-rame wah jalanan penuh sama santri hampir sama kayak di Sunmor njelimet.

Kalian pasti sudah membayangkan "wah pasti ribet nih", "aduh ngatur jadwalnya susah", dan lain sebagainya karena itu semua yang aku pikirkan dulu sebelum memutuskan kuliah sambil mondok, nah buat kalian yang belum ada basic mondok sebelumnya gausah khawatir, disini semuanya akan di bimbing oleh kaka-kaka senior yang kece, mulai dari hal kecil sampai besar kalian tidak akan sendirian because no body want to be alone

Apa sih alasan aku mau tinggal di pesantren? 
jawabanku itu simpel banget, supaya bapak mama bisa tidur nyenyak di malam hari, kenapa alasanku kayak gitu, jadi begini adek-adek, didalam Weha yang besar ini punya banyak asrama, nah kita akan tinggal di salah satu asrama itu, dengan kita menjadi penghuni maka kita sudah siap dengan segala aturan yang berlaku, nah yang paling aku sukai dari mondok ini, disini (di asrama) kami tidak diberikan jam malam, "lho kan aku ada kuliah malam", "aku ada praktek malam gimana dong", tunggu, jangan panik dulu disini semua kegiatan perkuliahan hukumnya boleh asal jangan mengada-ngada yaaa. Pukul 17:00 WIB adalah waktunya untuk kita pulang ke asrama, tidak ada kegiatan diluar setelah pukul 17:00 WIB, gimana gabakal tenang coba mama bapak kita kalo sudah punya kepastian buah hatinya tidak keluyuran malam.  

Malam hari nya kita tidak akan pernah sepi dan hampa, insyaallah semuanya barokah, dimulai dari jamaah magrib sampai jamaah subuh semuanya berfaedah, no unfaedah unfaedah club, setiap malam pukul 20:00 sd 21:30 kita pergi mengaji Madrasah Diniyah (Madin) sesuai kelas masing-masing, setelah itu kita bebas mau ngapain ajaa, tidur? oke!, belajar? oke banget!

Pasti banyak dari Maba yang di SMA nya aktif berorganisai dan ingin melanjutkan perjuangan setelah menjadi mahasiswa, kalian tidak perlu jauh-jauh mencari karena di Wahid Hasyim ini banyaaaak sekali organisasi yang akan mewadahi bakat cemerlang kalian, tinggal pilih saja organisasi mana yang paling cocok, selanjutnya tinggal mengikuti alur dari para senior yang akan berbagi ilmu dengan senang hati, disni kalian akan dewasa sesuai porsinya.

Selama mondok di weha dengan senang hati aku akan mengikuti kegiatan pondok, walaupun kadang-kadang kemalasan merajai tubuhku :D dan aku menuruti keinginan si malas wkwk tapi hal ini hanya terjadi sesekali aja yaa, karena selebihnya adalah menyenangkan, seperti kegiatan tahun baruan (hijryah) bareng, lebaran (idul adha) bareng dan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Member Asrama AHC 1



Kami Kompak kaaan

Foto-Foto diatas salah satu asyik nya tinggal rame-rame di pondok, oiya santri yang mondok disini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan Perguruan Tinggi di Yogyakarta dong ya, ada UIN, UNY, UGM, UPN, UII, UAD, dan UNRIYO <3 juga masih banyak temen-temen Perguran Tinggi lain, tentu saja UIN sangat mendominasi disini, tapi bukan berarti yang lain kurang eksis, hanya saja jumlah mereka sedikit lebih banyak dari PT yang lain.

Oke ternyata sudah pukul 22:18 ya, asrama mulai terasa sepi (pada belajar), untuk adek-adek yang ingin perantauan nya selalu berasa di rumah, yep ayok mondok, disini kami bersaudara berkeluarga, kami akrab pada garisnya.


Syifa Nuraeni 
Mahasiswa UNRIYO semester 7 
Asrama AHC 1





1 komentar:

BUKAN KISAH CINTA

BUKAN BELAHAN JIWA Aku mau bercerita tentang kekasihku yang tidak  romantis, yang tabu berpuitis tapi baiknya dia tidak dramatis ah a...